Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Buah Apel di Pasar Swalayan Kota Surakarta

Apriliani Nur Afifah, Endang Siti Rahayu, Setyowati Setyowati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial serta mengetahui variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian buah apel di pasar swalayan Kota Surakarta. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), pelayanan (X5) serta variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode wawancara dengan alat bantu kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian dengan menggunakan Ekonometrikan dengan model regresi linier berganda menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut: Y= -2,101 + 0,324 X1 – 0,088 X2 + 0,264 X3 + 0,435 X4+ 0,289 X5. Nilai  sebesar 0,502 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 50,2%, sedangkan sisanya 49,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.Hasil uji F menunjukkan bahwa kelima variabel secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen buah apel di pasar swalayan Kota Surakarta. Pengujian menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel produk, tempat, promosi dan pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian buah apel, sedangkan variabel harga  tidak berpengaruh signifikan. Variabel promosi (X4) memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian (Y) yaitu sebesar 0,435.


Kata Kunci


bauran pemasaran, buah apel, keputusan pembelian, pasar swalayan

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.