ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RELATIONSHIP MARKETING PETANI SAYUR DAN PEDAGANG PENGEPUL DI DESA PANDANAJENG KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG

Efi Nikmatu Sholihah, Wisynu Ari Gutama, Kadhung Prayoga

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relationship marketing yang
terjalin antara petani sayur dan pedagang pengepul di Desa Pandanajeng dan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi relationship marketing petani sayur dan
pedagang pengepul di Desa Pandanajeng. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2015.
Metode pengambilan responden menggunakan accidental sampling untuk pengepul dan
diperoleh 76 responden dan simple random sampling untuk petani dan diperoleh 87 responden
dengan bantuan rumus slovin. Untuk mengetahui bagaimana relationship marketing antara
petani sayur dan pedagang pengepul dilakukan analisis deskriptif. Sedangkan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi relationship marketing dilakukan analisis
regresi linear berganda. Pada hasil analisis memperlihatkan bahwa relationship marketing
yang telah terjalin antara petani sayur dan pedagang pengepul berjalan cukup baik. Variabel
yang mempengaruhi relationship marketing dari sisi petani adalah kepercayaan, komunikasi
dan kepuasan. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap relationship
marketing apabila dilihat dari sisi pengepul adalah kepercayaan dan komunikasi.


Kata Kunci


Relationship marketing; Petani; Tengkulak; Sayuran

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.