Peningkatan Kapasitas Produksi dan Manajemen Usaha Pada UKM Keripik Singkong di Kecamatan Rasau Jaya

Imelda Imelda, Marisi Aritonang

Sari


Mitra pada kegiatan IbM ini adalah pemilik UKM keripik singkong di Kecamatan Rasau Jaya. Permasalahan yang terjadi yaitu: 1) Proses pengirisan singkong menggunakan alat manual dengan kapasitas sedikit dan minimnya peralatan penunjang, 2) Pengemasan produk menggunakan plastik tanpa merek dan belum ada registrasi PIRT, 3) manajemen usaha belum optimal dan belum ada pembukuan keuangan, 4) Kurangnya kegiatan promosi sehingga pemasaran terbatas pada wilayah Kecamatan Rasau Jaya. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan, penyuluhan dan pendampingan. Solusi yang diberikan meliputi : 1) pelatihan penggunaan alat pengiris singkong otomatis dan penambahan peralatan penunjang, 2) pelatihan pengemasan menggunakan hand sealer, pemberian merek dan pendampingan pengurusan PIRT, 3) pelatihan pembukuan keuangan, 4) pelatihan pembuatan media promosi (blogspot, banner dan kartu nama) dan pendampingan perluasan pangsa pasar ke wilayah Kota Pontianak. Hasil kegiatan IbM meliputi: 1) Peningkatan kapasitas produksi melalui penggunaan alat pengiris singkong otomatis dan peralatan penunjang, 2) Kemasan produk yang baik dengan merek yang sudah memiliki registrasi PIRT, 3) Adanya pembukuan keuangan 4) Tersedianya media promosi bagi mitra IbM dan perluasan pangsa pasar ke wilayah Kota Pontianak.

Kata Kunci


UKM, keripik singkong, kapasitas produksi, manajemen usaha, pangsa pasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2013. Paket Informasi Kawasan KTM Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Direktorat Perencanaan Teknis Pengembangan Masyarakat dan Kawasan. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia.

Anonim. 2015. Pentingnya Pembukuan Dalam Bisnis. http://www.epaminternational.com/artikel/artikel-bisnis/87-pentingnya-pembukuan-dalam-bisnis.html. Diakses tanggal 10 April 2016.

Anonim. 2015. Pentingnya Website Untuk Usaha Kecil Menengah. http://besswonomulyo.blogspot.com/2015/01/pentingnya-website-untuk-usaha-kecil.html. Diakses tanggal 10 April 2015.

BPS, 2015. Kecamatan Rasau Jaya dalam Angka Tahun 2015. BPS Kabupaten Kubu Raya.

Jaq, 2013. Cara Mengurus Perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). http://www.saran2.com/cara-mengurus-perizinan-pirt-pangan-industri-rumah-tangga.htm. Diakses tanggal 8 April 2016.

Kumara, Amriwansyah. 2012. Apa Pentingnya Pembukuan Untuk Bisnis Kita? https://annasahmad.wordpress.com/2012/06/20/apa-pentingnya-pembukuan-untuk-bisnis-kita/. Diakses tanggal 10 April 2016.

Masbadar. 2015. Kelebihan Brosur Sebagai Media Iklan dan Promosi Bisnis. http://ayuprint.co.id/kelebihan-brosur-sebagai-media-iklan-dan-promosi-bisnis/. Diakses tanggal 12 April 2015.

Purnama, C. dan Suyanto. (2010). Motivasi dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil (Studi pada industri kecil sepatu di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 12. No. 2, September 2010. 177-184.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.