ANALISIS EFISIENSI DAN MARJIN PEMASARAN JANGGELAN DI KECAMATAN KARANGTENGAH KABUPATEN WONOGIRI

Laila Sedyawati Joko Sutrisno Mei Tri Sundari

Sari


Abstract :This study aims to determine and analyze (1)the marketing channels and agencies, (2) the costs, benefits and marketing margins, (3) the most efficient channel marketing of grass jelly of Karangtengahin the regency of Wonogiri. The research method is using descriptive analytic. The method to choice the place in the reseach has purposive method. The farmers sampling has porposinal random sampling and agencie or marketing has snowball sampling. Analysis data that are used are (1) analysisof the farming work, (2) analysis of the channel and marketing agencies (3)analysis of cost, profit and marketing margin  of grass jelly (4)analysis of the effeciency of grass jelly  marketing channel economically.The results show that grass jelly that is marketed is dry and has two forms namely stem of grass jelly and grass jelly dried leaves.(1) Grass jelly marketing channels in which both stems and grass jelly dried leaves have four marketing channels with marketing merchantsagencieswho are collectors and wholesalers. (2) Based on the results of marketing channel I, stems have total marketing costs Rp. 5500, a profit of Rp 7,500 and marketing margins. 13,000. Marketing channel II stems of grass jelly total marketing costs Rp 2.400, a profit Rp. 600 and Rp.3.000 marketing margin and.Marketing channels III stems have a total cost of Rp. 4940, a profit of Rp. 5.650 and marketing margin Rp.10.600. Marketing channel IV stems have a total cost of Rp. 2225, a profit of Rp 575 and marketing margins. 2,800. Marketing channels Iof grass jelly leaves has  total cost of Ro. 5650, a profit of Rp. Rp 7,350 and marketing margins. 13,000. Marketing channels leaves of grass jelly II a total cost of Rp. 2650, a profit of Rp. Rp.2.650 and marketing margins Rp. 5000. Marketing channels leaf of III with a total cost of Rp. 5950, a profit of Rp. 10,450 and Rp marketing margin. 16,400. While marketing channels IV grass jellyleaves  has a total cost of Rp. 2225, a profit of Rp. 5.575 and marketing margins Rp. 6.800.(3) The most efficient marketing channel for the stems is marketing channels IV and for the grass jelly leaves is marketing channel II. Suggestions for grass jelly farmers to actively search for grass jelly price information, while traders of grass jelly, to improve the communication with farmers about prices of the grass jelly and for the government, to improve the infrastructure in which to support marketing activities of grass jelly.

Keywords :grass jelly, marketing chanel, agencies of marketing, marketing margin,  efficiency of channels marketing

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui saluran dan lembaga pemasaran jangggelan,(2) menganalisis biaya, keuntungan dan marjin pemasaran janggelan (3) mengetahui saluran yang paling efisien dalam pemasaran janggelan di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri. Metode penelitian menggunakan metode deskripstif analitik.Penentuan daerah penelitian menggunakan metode purposive. Petani responden menggunakan proposional random sampling dan lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah (1) analisis usahatani janggelan (2) analisis saluran dan lembaga pemasaran janggelan, (3) analisis biaya, keuntungan dan marjin pemasaran janggelan,(4) analisis efisiensi saluran pemasaran janggelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa janggelan yang dipasarkan adalah janggelan kering dan memiliki dua bentuk yakni batang dan daun janggelan kering.(1) Saluran pemasaran janggelan baik batang maupun daun janggelan ada empat saluran pemasaran dengan lembaga pemasaran yakni pedagang pengepul dan pedagang besar. (2) Saluran pemasaran I batang memiliki total biaya Rp. 5.500, keuntungan Rp. 7.500 dan marjin Rp. 13.000. Saluran pemasaran janggelan II batang total biaya Rp. 2.400, keuntungan Rp. 600 dan marjin pemasaran Rp.3.000. Saluran pemasaran III batang memiliki total biaya Rp. 4.940, keuntungan Rp. 5.650 dan marjin pemasaran Rp.10.600 Saluran pemasaran IV batang memiliki total biaya Rp. 2.225, keuntungan Rp 575 dan marjin pemasaran Rp. 2.800. Saluran pemasaran I daun total biaya Ro. 5.650, keuntungan Rp. 7.350 dan marjin pemasaran Rp. 13.000.Saluran pemasaran janggelan II daun total biaya Rp. 2.650, keuntungan Rp. Rp.2.650 dan marjin pemasaran Rp. 5.000.Saluran pemasaran III daun dengan total biaya Rp. 5.950, keuntungan Rp. 10.450 dan marjin pemasaran Rp. 16.400.Sedangkan saluran pemasaran IV daun janggelan memiliki total biaya Rp. 2.225, keuntungan Rp. 5.575 dan marjin pemasaran Rp. 6.800. (3) Saluran pemasaran yang paling efisien untuk batang adalah saluran pemasaran IV dan daun janggelan adalah saluran pemasaran II. Saran untuk petani janggelan untuk aktif untuk mencari informasi harga janggelan, sedangkan pedagang janggelan agar meningkatkan komunikasi dengan petani mengenai harga janggelan dan untuk pemerintah untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung khususnya untuk kegiatan pemasaran janggelan.

Kata Kunci :Janggelan, Saluran pemasaran, Lembaga pemasaran, Marjin pemasaran, Efisiensi saluran.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.