ANALISIS BRAND EQUITY KECAP BANGO DAN KECAP ABC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET KOTA SURAKARTA

Mariana Yuni Susilawati Joko Sutrisno Bekti Wahyu Utami

Sari


Abstract: The aims of this research is to know the influence of variable brand equity that brand awareness, the brand  associations, the perceived quality, and brand  loyalty against the decision of the purchase of Bango or ABC soy sauce, knowing the variable brand equity that influence consumer buying decision against dominant Bango or ABC soy sauce, as well as explain and compare the differences of brand equity Bango and ABC soy sauce in supermarket of Surakarta. Research techniques and the determination of each sample is the survey and judgement sampling with a total sample of  50 for each brand. The technique of collecting data through observation, interview and questionnaire that have tested the validity and reliability. The analysis of the data used is the analysis of multiple regression test and Independent Sample T-test. The results of this research indicate that: (1) variable brand equity influential simultaneously against a purchasing decision of Bango soy sauce or ABC soy sauce with p value  each amounting to 0.000 < 0.05 (2) Variable association of the brand dominant and influential positive against the decision of the purchase value as seen from Bango soy sauce beta coefficient regression of the most high and namely 0.569. (3) the Variable perceived  of quality dominant and influential positive towards purchasing decision ABC soy sauce as seen from the value of the coefficient of the regression beta of the most high and positive  namely 0.433. (4) there is no significant difference between brand equity Bango soy sauce and  ABC soy sauce seen from equal variance assumed significance worth 0.261 > 0.05.

Keywords: Brand Equity, Bango soy sauce, ABC soy sauce, Decision of the purchase

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable ekuitas merek (brand equity) yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian kecap Bango maupun ABC, mengetahui variabel ekuitas merek yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen kecap Bango maupun ABC, serta menjelaskan dan membandingkan perbedaan ekuitas merek kecap Bango dan kecap ABC di supermarket Kota Surakarta. Teknik penelitian dan penentuan sampel masing-masing adalah survei dan judgement sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 untuk masing-masing merek. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan  kuesioner yang telah diuji validitas dan  reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel ekuitas merek (brand equity) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian kecap Bango maupun ABC dengan nilai p value masing-masing sebesar 0,000 < 0,05 (2) Variabel asosiasi merek berpengaruh dominan dan positif terhadap keputusan pembelian kecap Bango dilihat dari nilai koefisien beta regresi yang paling tinggi  yaitu 0,569. (3) Variabel persepsi kualitas berpengaruh dominan dan positif terhadap keputusan pembelian kecap ABC dilihat dari nilai koefisien beta regresi yang paling tinggi yaitu 0,433. (4) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara ekuitas merek kecap Bango dan ABC dilihat dari signifikansi dengan equal variance assumed yang bernilai 0.261>0,05.

Kata Kunci: Merek, Kecap ABC, Kecap Bango, Keputusan Pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.