ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK OLAHAN SUSU SEGAR DI KEDAI SUSU MOM MILK KOTA SURAKARTA

Jasmine Laila Safitri Heru Irianto Erlyna Wida Riptanti

Sari


Abstract: The aims of this research is to know what factors considered by consumers and what dominant variableswhich finally consumers decide tobuy fresh dairy product at kedai susuMom Milkin Surakarta City. Method used in this research is descriptive analysis,and use a purposive location as the sampling method. The method used to choose the sample is  judgement sampling. This research takes 100 samples indicators. Data analysis used in this research is factor analysis. The result of this research shows, from 20 variables that were analyzed, it could be reduced until 16 variables and divided into 4 core factors. The factors based on priority are products with percentage of variant  40,190%, promotion with percentage of variant 9,424%, distribution with percentage of variant  7,523%, then advertising and service with percentage of variant 6,909%. The dominant variable considered by consumers in buying decision of fresh dairy product at kedai susu Mom Milk in Surakarta City is quality for product factor (factor loading 0,802), open booth for promotion factor (factor loading 0,836), location for distribution factor (factor loading 0,789), and electronic media for advertising and service factor (factor loading 0,679).

Keywords: Factor Analysis, Buying Decision, Consumers, Mom Milk, Fresh

Dairy Product

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk olahan susu segar di kedai susu Mom Milk Kota Surakarta dan mengetahui variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk olahan susu segar di kedai susu Mom Milk Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini  adalah deskriptif analitis. Metode penentuan lokasi dilakukan dengan metode purposive sampling.Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling.Jumlah responden pada penelitian ini adalah 100 orang.Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor.Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa dari 20 variabel yang dianalisis dapat disederhanakan menjadi 16 variabel dan tercakup dalam 4 faktor inti. Faktor tersebut berdasarkan prioritasnya adalah faktor produk dengan persentase varians sebesar 40,190%, faktor promosi dengan persentase varians sebesar 9,424%, faktor distribusi dengan persentase varians sebesar 7,523%, serta faktor iklan dan pelayanan dengan persentase varians sebesar 6,909%. Sedangkan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian produk olahan susu segar di kedai susu Mom Milk Kota Surakarta untuk faktor produk adalah variabel kualitas (factor loading sebesar 0,802), faktor promosi adalah variabel open booth (factor loading sebesar 0,836), faktor distribusi adalah variabel letak lokasi (factor loading sebesar 0,789), serta faktor iklan dan pelayanan adalah variabel media elektronik (factor loading sebesar 0,679).

Kata Kunci: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Konsumen, Mom Milk,

Produk Olahan Susu Segar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.